Pages

Apa Nama Buah ini?

Saya menemukan buah yang cukup unik ini di tempat parkir di kantor saya. Karena tertarik dengan warnanya yang menggoda, saya pun memetiknya trus... saat saya tanya ke temen-temen, sayangnya, mereka tak satu pun yang tahu namanya. Penampilannya mirip sekali dengan anggur. Warnanya pink. Hidupnya merambat.  Awalnya, saya mengira ini sejenis anggur. Tapi saya tidak berani memakannya karena bisa jadi buah ini beracun. Ada yang tahu nama buah ini? Apa nama ilmiahnya? Siapa saja tolong bantu saya.
Apa nama buah ini?



Tanaman ini mempunyai warna buah yang menarik. Tapi buahnya yang lucu itu sebenarnya cukup berbahaya jika dimakan.


42 comments:

  1. Hai saya irene, saya jg sedang cari tau nama buah ini, tetangga ada yg punya, tp dia bilang, susah bgt buat numbuhinnya, harus mateng pohon. Buah ini dari belitung. Kl tau infonya, tolong share sama saya. Email saya juliency@yahoo.com. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pohon di tempat saya kebetulan sedang berbuah. tanaman ini bisa ditanaman sebagai tanaman hias. tapi takutnya buahnya beracun dan bisa dimakan anak-anak.

      Delete
    2. Irene, Makasih ya, udah mampir. :)

      Delete
  2. Saya baru saja nemu buah ini tumbuh liar di kebun orang, rasanya manis agak tawar, tapi muncul sensasi segar dari tenggorokan sampai lambung, saya sudah makan 6biji dan sudah 5 jam tdk ada tanda keracunan, buah yg layak di budidaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya buah ini gatal mbak tidak beracun tapi membuat mulut kita gatal

      Delete
    2. Betul bikin gatal spt tenggorokan langsung kering...kayaknya beracun cukup bahaya jg buat yg blm tau hati hati

      Delete
    3. Ya saya baru aja makan,,terus gmn bisa sembuh ya?

      Delete
  3. Wah, begitu ya Mba? Mungkin jenis yang sama atau juga beda. Yang Mba makan itu rasanya manis agak tawar? Kalo boleh tahu, apa kira-kira namanya ya? Saya sendiri belum berani makan, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi saya cari mungkin namanya cayratia mollissima

      Delete
    2. Bener, setelau di cek emg it nama ny

      Delete
  4. Sptnya sama, bijinya spt biji kopi kan, kadang berisi 1, kadang 2, kalo d kupas didalam biji berwarna hijau, sy sdang coba menyemai bijinya tp belum ada tnda2 kecambah smpe skrg..

    ReplyDelete
  5. Sptnya sama, bijinya spt biji kopi kan, kadang berisi 1, kadang 2, kalo d kupas didalam biji berwarna hijau, sy sdang coba menyemai bijinya tp belum ada tnda2 kecambah smpe skrg..

    ReplyDelete
  6. Saya baru saja memakan buahnya sebanyak 3 buah,. Hal yang terasa ditenggorokan terasa seperti ditusuk-tusuk ribuan jarum,.. semoga gak menimbulkan hal yang fatal

    ReplyDelete
  7. Saya baru saja memakan buahnya sebanyak 3 buah,. Hal yang terasa ditenggorokan terasa seperti ditusuk-tusuk ribuan jarum,.. semoga gak menimbulkan hal yang fatal

    ReplyDelete
  8. Tadi pagi nenek saya mau coba buah tersebut yg masih hijau belum masak. Saya blg jangan. Sekali dicoba rasanya tawar agak daun2 gitu ga ditelan rasanya. Hanya dimulut saja lalu dibuang. Kemudian selang bbrp detik dibagian mulut semuanya jadi gatal2.. saya cepat2 pergi beli air tahu lalu dikumur2 kemudian buang. Dan minum sedikit udah ga lagi. Saya takut ini ada racunnya. Ntah apa nama buahnya tumbuh kelilingin pohon yg lain. Makasih.

    ReplyDelete
  9. Saya juga ada tanam di kebun pas uda berbuah lebat saya coba makan 1 biji tapi belum sampai ketelan terasa panas dan gatal di tenggorokan...cepat cepat sy minum air...kesimpulan saya buah ini BERACUN sebaiknya jangan dimakan

    ReplyDelete
  10. Saya juga ada tanam di kebun pas uda berbuah lebat saya coba makan 1 biji tapi belum sampai ketelan terasa panas dan gatal di tenggorokan...cepat cepat sy minum air...kesimpulan saya buah ini BERACUN sebaiknya jangan dimakan

    ReplyDelete
  11. Ada yg sdh ketemu namanya apa ya? Saya juga dapat di halaman rumah... Mohon info ya..

    ReplyDelete
  12. Aneh ya,identitas pohon nya tidak dikenal..katalog mbah goggle juga kosong ttg buah ini.

    ReplyDelete
  13. Saya pernah makan buah ini. Seperti komentar sebelumnya di atas.. Sy merasakan hal yg sama. Seketika tenggorokan saya terasa spt d tusuk ribuan jarum. Kemudian saya minum satu kaleng susu kental manis utk meredakannya. Sesekali saya tdk langsung teguk, tp sy diemin bentar d tenggorokan. Rasa sakitnya hilang dan tdk ad tnd2 keracunan.

    Semua buah dr pohon yg blm kita tau, dan daunnya bersisik tdk boleh d makan, itu sih info dr tmn2 yg anak gunung..

    ReplyDelete
  14. hasil identifikasi berdasarkan morfologi tanaman, bentuk daun, bentuk buah warna buah, rasa buah, karakter tanaman yang menjalar, secara taksonomi akhirnya saya menemukan juga nama spesies tanaman ini namanya Cayratia mollissima, tanaman endemik asia tenggara khususnya singapura malaysia sumatra, di india buah mudanya dibuat masakan seperti kare Curryfruit Kanakalyate, biji nya jika termakan akan terasa gatal dimulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya penasaran cari identitas buah ini, gara gara Ayuk dari Jambi Kirim. Langsung makan, tawar, ditenggorokan bikin gatal ga nyaman. Kok bisa ya ?

      Delete
  15. Nama buah itu buah merah_merah sedikit

    ReplyDelete
  16. Saya pernah makan buah ini dan rasanya agak hambar dan saya tidak merasa gatal mungkin karna saya tidak mengunyah bijinya

    ReplyDelete
  17. Buah ini tumbuh dekat rumah saya... Apakah ini buah yang sama?

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10204986353173899&id=1693824016

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buah yg sama coba gigit biji nya jika gatal sudah dipastikan buah yg sama hehe

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Saya sengaja tanam buah yg sama di halaman rumah saya ,sekarang ni lg berbuah lebat, dan saya jg pernah mencoba rasanya hambar, dan tenggorokan terasa gatal dan di tenggorokan saya rasanya seperti kita minum air yg bersoda,

    ReplyDelete
  20. saya kira sejenis anggur..mau makan ragu-ragu..

    ReplyDelete
  21. saya pernah waktu ke hutan nemu buah ini terus aku makan, v rasanya tawar kayak ada manis"nya, btw gk ada reaksi apa" kok..

    ReplyDelete
  22. hmm,, kalau di kampungku namanya buah si pacah😁,,tapi aku belum pernah mencobainnya

    ReplyDelete
  23. dukun urut disini bilang itu untuk mengentalkan sperm. diteguk kayak minum pil. tp belum ada bukti klinis atau uji coba laboratoium. klo di hancurkan dengan tangan daging buahnya lengket seperti lem

    ReplyDelete
  24. sewaktu kecil saya sering di bawa orang tua ke kebun karet. katanya sih 'anggur hutan'. jangan dimakan BERACUN kalau gak, pasti udah habis sama monyet duluan.

    ReplyDelete
  25. Terus gimana cara menyembuhkan nya jika tertelan....

    ReplyDelete
  26. cayratia mollissima, atau anggur-anggutan. Memang tanaman tersebut sejenis anggur, hanya saja beracun

    ReplyDelete
  27. Saya makan barusan, tapi saya muntah kan. Tenggorokan terasa serti ditusuk tusuk jarum. Bibir juga.jangan dimakan deh

    ReplyDelete
  28. Kalau daerah kami Di riau kabupaten pelalawan, namanya Buah lakum Gajah

    ReplyDelete
  29. Buah ini g boleh dimakan, karena akan gatal ditenggorokan...

    ReplyDelete
  30. gw barusan makan buah ini di balongan.. dan tenggorokan saya merasa gatel lalu aku minum air putih. gatal2nya hilang..

    ReplyDelete
  31. anggur hutan nama nya.kalau di makan buah nya terasa gatal di mulut.

    ReplyDelete